Cara Belajar Efektif Untuk Anak, Baik Di Rumah Maupun Sekolah

Apabila ingin menjadi siswa yang berprestasi pastinya harus rajin belajar. Namun, setiap anak pasti memiliki cara belajar yang berbeda-berbeda.

Tidak semua siswa bisa langsung paham dengan materi pelajaran yang diberikan di kelas. Ada yang baru bisa memahami pelajaran setelah mempelajarinya lagi di rumah.

Kamu merupakan tipe yang mana nih?

Supaya bisa berprestasi tentu cara belajar yang digunakan harus tepat dan efektif. Ada banyak cara belajar efektif dan menyenangkan yang bisa digunakan.

Cara Belajar Efektif Untuk Anak yang Ingin Berprestasi

Inilah Cara Belajar Efektif Untuk Anak

1 – Sambil Bermain

Anak-anak akan cenderung bersemangat dan merasa senang ketika belajar sambil bermain. Cara belajar seperti ini akan membuat materi pelajaran cenderung mudah diterima oleh anak.

Salah satu contoh adalah ketika belajar berhitung. 

Anak-anak diminta untuk mengambil dan mengumpulkan mainannya.

Setelah itu dihitung satu persatu. Dengan cara ini anak akan lebih mudah hafal dan memahami apa yang dipelajari. Cara ini selai efektif juga menyenangkan.

2 – Banyak Bergerak

Anak-anak lebih cenderung aktif bergerak. Terkadang mereka berlarian kesana kemari. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai cara belajar efektif untuk anak, baik di rumah maupun sekolah.

Contoh meminta anak untuk meletakkan dan menata alfabet atau angka sesuai dengan urutannya. Cara ini dapat membuat anak lebih aktif.

Cara belajar sambil bergerak ini bisa menjadi salah satu cara belajar efektif untuk anak-anak.

Belajar yang dikolaborasikan dengan gerakan akan membuat materi pelajaran pun lebih mudah dipahami.

3 – Praktik Langsung

Anak-anak akan lebih mudah memahami apa yang dipelajari ketika diberi contoh nyata. Contoh yang dimaksud adalah praktik.

Misalnya ketika belajar arah mata angin, maka anak dapat dikenalkan dengan mempraktekkannya.

Membawa anak keluar rumah sambil membawa kompas, setelah itu anak diminta untuk menunjukkan arah sesuai dengan arah mata angin. 

Cara belajar dengan praktik ini akan membuat anak lebih mudah memahami apa yang harus mereka pelajari. Cara belajar ini tidak hanya bisa diterapkan saat belajar di sekolah tetapi juga di rumah.

4 – Media Audio Visual

Anak akan lebih mudah memahami pelajaran ketika materi tidak hanya disampaikan secara lisan.

Menggunakan media audio visual bisa menjadi salah satu cara belajar efektif bagi anak, tidak hanya di sekolah namun belajar di rumah.

Cara belajar ini juga bisa meningkatkan konsentrasi, minat dan anak tidak mudah bosan. 

Contoh media audio visual adalah menyajikan sebuah video tentang cerita rakyat.

Di video tersebut menyajikan jalan cerita berupa animasi yang runtut sesuai kronologinya. Hal ini bisa menarik minat anak sehingga belajar bisa lebih efektif.

5 – Manajemen Waktu

Hal penting lainnya agar anak bisa belajar lebih efektif adalah mengajarkan manajemen waktu. Poin ini bisa dimulai dengan mengatur waktu untuk mengerjakan tugas sekolah.

Tidak hanya kegiatan yang memiliki hubungan dengan sekolah, anak juga bisa diminta untuk membiasakan belajar sebelum tidur. 

Meskipun hal ini terlihat sepele, namun memiliki dampak yang cukup besar bagi anak, baik untuk saat ini maupun masa depannya. Ajari anak untuk memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin.

Manajemen waktu juga merupakan cara belajar efektif di rumah.

6 – Mind Mapping

Agar bisa belajar dengan efektif, anak bisa diajarkan mind mapping sejak dini.

Hal ini bisa membantu ketika memiliki banyak materi yang harus dipelajari, terutama materi dengan kategori sulit.

Caranya cukup sederhana, yakni menggambar simbol-simbol yang memiliki kaitan dengan materi pelajaran.

Mind mapping bisa membantu anak melakukan pemetaan materi yang sedang dipelajari.

Cara ini bisa membuat anak lebih mudah memahami dan mengaitkan garis besar dan rincian tentang materi tersebut. Anak juga bisa memahami materi dalam waktu yang singkat.

Itulah beberapa cara belajar efektif untuk anak yang bisa kamu lakukan. Cara belajar efektif untuk anak di rumah maupun di sekolah memang memiliki pengaruh yang besar pada prestasi.

Maka dari itu, penting untuk menentukan cara belajar efektif jika ingin berprestasi.

Tulisan ini dipersembahkan oleh SMA Dwiwarna boarding school, sekolah swasta unggulan dengan konsep ber-asrama modern di Indonesia.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *