Inilah Bangunan Bersejarah di Jakarta Yang Terkenal

Jakarta memiliki banyak bangunan bersejarah yang sampai saat ini masih dikelola dengan baik dan bisa kamu kunjungi.

Berkunjung ke berbagai bangunan bersejarah di Jakarta, bisa menjadi ajang wisata edukatif yang seru dan menyenangkan lho! Berbagai tempat ini juga seringkali ramai dipadati pengunjung.

Lalu, apa saja bangunan bersejarah di Jakarta yang terkenal? 

7 Bangunan Bersejarah di Jakarta yang Terkenal

Mengenal Bangunan Bersejarah di Jakarta

1) Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta merupakan bangunan bersejarah yang berada di kawasan Kota Tua.

Museum ini dibangun pada tahun 1626 dan memiliki luas 1.300 meter persegi. Di dalamnya Museum Fatahillah terdapat objek perjalanan sejarah Jakarta, peninggalan kerajaan Tarumanegara maupun Pajajaran, keramik, prasasti dan masih banyak lagi.

Pada saat kepemimpinan Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen, bangunan ini pernah difungsikan sebagai Balai Kota Jakarta.

2) Kota Tua

Kota Tua menjadi salah satu tempat bersejarah di Jakarta yang sangat populer. Tempat ini berada di Jalan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Di kawasan Kota Tua kamu bisa menemukan banyak bangunan-bangunan bersejarah . Bangunan-bangunan tersebut, seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Toko Merah.

3) Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Apabila kamu ingin melihat gambaran Indonesia bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII menjadi salah satu bangunan bersejarah di Jakarta yang sangat populer.

Tempat wisata ini menyajikan rangkuman kebudayaan Indonesia yang dikemas dengan menarik sehingga selalu dijadikan pilihan untuk wisata edukasi.

Selain itu, TMII menyediakan berbagai wahana permainan anak-anak, seperti kereta gantung, kolam renang, kereta api mainan dan sebagainya.

4) Museum Geologi

Salah satu wisata edukasi yang harus kamu kunjungi adalah Museum Geologi. Museum ini berada di Bandung, Jawa Barat.

Apabila kamu mengunjungi Museum Geologi maka akan melihat koleksi batuan, fosil, mineral dan juga peta (geologi, geofisika, geomorfologi, gunung api dan sebagainya).

Selain itu, kamu juga akan melihat berbagai replika binatang purba.

5) BMKG

Gedung BMKG merupakan tempat bersejarah di Jakarta yang jarang diketahui orang.

Pengunjung yang datang ke tempat ini akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru mengenai Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Gedung BMKG itu sendiri berada di Jalan Angkasa 1 No.2, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

6) Museum PETA

Jika kamu ingin melakukan wisata sejarah, direkomendasikan untuk mengunjungi Museum PETA.

Museum ini berada di Bogor yang didirikan sebagai simbol penghargaan kepada Pejuang Tanah Air atau PETA.

Di dalam Museum PETA terdapat 14 diorama yang menceritakan tentang proses terbentuknya PETA hingga kontribusi PETA dalam kemerdekaan Indonesia. 

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan menemukan berbagai patung, relief, perlengkapan perang hingga meriam. Museum PETA ini berada  di Jln. Jenderal Sudirman No.35, Pabaton. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

7) Lubang Buaya 

Museum Lubang Buaya atau Museum Monumen Pancasila Sakti menjadi saksi bisu peristiwa G 30S PKI 1965. Bangunan bersejarah ini dibangun pada pertengahan bulan Agustus 1967 dan memiliki luas 14,6 hektare.

Lubang buaya merupakan lokasi dibuangnya jenazah tujuh jenderal  dan juga perwira korban PKI. Museum ini sengaja dibangun untuk mengenang serta menghormati para pahlawan yang gugur di Lubang Buaya.

Museum Lubang Buaya berlokasi di Jalan Monumen Pancasila Sakti No 1, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Kamu bisa menuju lokasi ini menggunakan bus, kereta api maupun kendaraan pribadi. Museum Lubang Buaya buka setiap hari selasa hingga minggu mulai pukul 09.00-16.00. Untuk biasa masuknya sangat murah yaitu Rp 2.500 per orang. 

Kesimpulan

Bangunan – bangunan bersejarah di atas patut untuk dikunjungi supaya menambah pengetahuan.

Jika kamu bersekolah di SMA Dwiwarna (Boarding School), maka kamu akan turut diajak mengunjungi berbagai tempat yang telah disebutkan diatas.

Sebab, berbagai tempat tersebut masuk ke dalam kurikulum outing class di Boarding School Islam terbaik di Indonesia ini.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *