Apa Itu AMT (Achievement Motivation Training) dan Manfaatnya

Sebelum dilaksanakan ujian nasional biasanya sekolah mengadakan acara motivasi supaya siswa lebih giat belajar dan lebih termotivasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Acara motivasi yang dilaksanakan biasanya AMT atau Achievement Motivation Training.

Acara ini sudah lama diadakan dan hasilnya cukup memuaskan karena motivasi siswa untuk berprestasi menjadi meningkat. Lalu, sebenarnya apa itu AMT?

Pengertian AMT

Jika kamu ingin menjadi siswa yang berprestasi disarankan untuk mengikuti program AMT. Apa itu AMT? 

AMT atau Achievement Motivation Training merupakan program pelatihan yang diselenggarakan dengan bertujuan untuk pengembangan diri, terutama dalam meningkatkan motivasi berprestasi para pesertanya.

Pengertian lain dari AMT adalah pelatihan yang diadakan untuk memberikan landasan dasar dalam menciptakan motivasi supaya lebih berprestasi. 

Ide Achievement Motivation Training (Mt) pertama kali dicetuskan oleh McClelland pada tahun 1960. Ide tersebut kemudian dikembangkan sebagai bentuk pengembangan motivasi berprestasi.

Program ini merupakan suatu bentuk pendidikan maupun pelatihan yang intinya untuk memberikan kesadaran pada seseorang atau individu supaya mengetahui potensi yang ada pada dirinya serta memotivasi individu tersebut  untuk berprestasi semaksimal mungkin.  

Setelah mendapat jawaban dari pertanyaan apa itu AMT? Selanjutnya akan mencari tahu tujuan program ini.

Tujuan dari diadakannya program AMT bagi siswa bukan untuk menilai kepribadian para pesertanya, melainkan untuk membantu dalam mengembangkan motif berprestasi para pesertanya. 

Motif berprestasi yang dikembangkan oleh AMT adalah suatu dorongan dalam diri siswa yang membuatnya menjadi mencari kepuasan melalui usaha pencapaian yang sifatnya prestatif atau achieving.

Ada empat kelompok besar materi yang dikembangkan oleh McClelland untuk AMT atau Achievement Motivation Training, antara lain:

1) Achievement Syndrome

Achievement Syndrome merupakan langkah awal yang digunakan untuk pengenalan konsep tentang apa yang dimaksud motif dan juga motivasi berprestasi.

Materi mengenai hal ini disampaikan melalui penayangan video tokoh berprestasi yang memiliki motivasi yang besar untuk berprestasi.

2) Self Study

Pada bagian ini peserta pelatihan AMT diberikan kesempatan untuk mempelajari diri masing-masing dan juga orang lain.

Materi self study ini bertujuan supaya setiap individu bisa mengenal dirinya sendiri maupun orang lain.

3) Good Setting

Good setting merupakan konsep penetapan yang bertujuan supaya peserta merasakan pentingnya memiliki ketetapan tujuan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi ini bisa membantu peserta untuk merumuskan dan juga menetapkan tujuan sehari-hari sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan.

4) Group Support

Dalam kelompok materi ini, peserta dianggap sebagai subjek yang dinamis, bisa saling membantu serta mempengaruhi satu sama lain.

Dalam group support materi disampaikan menggunakan metode game lempar bola dan all stand up. Dari game yang dimainkan diharapkan individu menjadi lebih memahami konsep bagaimana mengejar prestasi.

Manfaat Mengikuti AMT Bagi Siswa

Inilah Pengertian AMT

Melihat penjelasan di atas, tentu kamu menjadi lebih paham betapa pentingnya program AMT. Ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh siswa apabila mengikuti program ini.

Beberapa manfaat yang dirasakan oleh siswa adalah?

1) Meningkatkan Motivasi Siswa

Pada dasarnya tujuan dari diadakannya program ini untuk meningkatkan motivasi siswa untuk berprestasi.

Jika siswa sudah termotivasi maka bisa dengan mudah untuk mendapatkan prestasi dengan cara lebih rajin belajar dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

2) Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat berikutnya yang akan dirasakan oleh siswa setelah mengikuti program ini adalah rasa percaya diri menjadi meningkat.

Memiliki rasa percaya diri akan membantu siswa untuk memaksimalkan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga mampu mengembangkannya dengan baik. Jika ini dilakukan maka peluang untuk berprestasi menjadi terbuka lebar.

Penutup

Setelah mengetahui pengertiannya ternyata ada banyak manfaat dari kegiatan ini untuk siswa.

Sayangnya, tidak semua sekolah di Indonesia mengadakan program ini.Jika kamu mencari sekolah yang mengadakan program AMT, SMA Dwiwarna (Boarding School) adalah jawabannya.

Salah satu Islamic Boarding School terbaik di Indonesia ini mengadakan program AMT yang merupakan bagian dari persiapan ujian nasional.

Berkat program ini banyak siswa SMA Dwiwarna (Boarding School) yang memiliki motivasi tinggi pada pendidikan mereka dan bisa berprestasi dengan lebih optimal.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *