6 Alasan Menjadi OSIS yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Menjadi pengurus OSIS adalah sebuah kebanggan tersendiri bagi seorang siswa karena bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. Ikut OSIS melatih kamu untuk berorganisasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Ada banyak alasan menjadi OSIS yang bisa kamu pertimbangkan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Alasan atau motivasi seorang siswa untuk menjadi OSIS mungkin berbeda antara satu orang dengan lainnya. Kamu mungkin memiliki alasan yang berbeda dengan teman lainnya untuk bergabung dengan OSIS di sekolah. Tetapi apapun alasan kamu masuk OSIS sebaiknya digunakan sebaik-baiknya agar nantinya keuntungan bagi masa depan.

6 Alasan Menjadi OSIS yang Harus Diketahui

alasan menjadi osis

Seorang siswa mungkin memiliki visi dan misi tersendiri saat bergabung dalam kegiatan OSIS. Adapun hal yang mungkin jadi alasan kamu untuk ikut kegiatan OSIS mungkin salah satu dari berikut ini.

1. Menambah Teman

Kamu ingin bisa menambah teman yang berasal dari kelas lain ataupun kakak kelas maka ikut kegiatan OSIS. Melalui kegiatan tersebut kamu bisa berkenalan dengan teman-teman yang juga tergabung di dalam OSIS yang terdiri dari siswa-siswa lain di sekolah. 

2. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Bergabung dalam kegiatan OSIS bisa melatih jiwa kepemimpinan kamu. Meskipun kamu tidak menjadi ketua OSIS tapi semua agenda dan kegiatan pada organisasi tersebut bagus untuk melatih jiwa kepemimpinan atau leadership pada diri kamu. Saat melakukan berbagai kegiatan kamu harus melakukan interaksi dan koordinasi dengan pengurus lainnya, itulah yang bisa melatih munculnya kepemimpinan pada diri kamu.

3. Melatih Mental yang Kuat

Alasan menjadi OSIS berikutnya yaitu untuk melatih mental yang kuat pada diri kamu. Bergabung di dalam OSIS maka kamu harus bergaul dan berinteraksi dengan pengurus lainnya dan menjadi koordinator semua kegiatan sekolah. Dengan begitu maka lama kelamaan mental kamu akan menjadi lebih kuat dan tidak cengeng.

4. Melatih Rasa Percaya Diri

Kalau kamu merasa selalu takut, minder dan kurang percaya diri mengapa tidak ikut OSIS saja. Berbagai kegiatan dan aktivitas di dalam organisasi intra sekolah tersebut akan membantu kamu tampil lebih percaya diri. Menjadi pengurus OSIS membuat kamu harus sering bicara di depan kelas untuk melakukan sosialisasi tentang kegiatan sekolah.

Kamu juga harus aktif ikut berkampanye tentang peraturan sekolah dan berbicara di depan orang banyak. Kalau sering melakukan hal tersebut maka kamu bisa menjadi lebih percaya diri nantinya.

5. Mengasah Rasa Tanggung Jawab

Kamu tidak harus menjadi ketua OSIS agar bisa bertanggung jawab pada sesuatu. Sebagai pengurus tentunya kamu akan diberikan tanggung jawab pada hal tertentu dan harus diemban selama masa kepengurusan OSIS. Segala sesuatu atau urusan sekolah yang berkaitan dengan tugas kamu maka akan menjadi tanggung jawab kamu.

Misalnya kamu duduk sebagai pengurus OSIS sebagai sekretaris maka tanggung jawab kamu adalah membuat pengumuman dan selebaran mengenai kegiatan sekolah untuk dibagikan kepada siswa lainnya. 

6. Belajar Mengatur Diri

Aktif dalam kegiatan OSIS juga memiliki tujuan agar kamu bisa belajar untuk mengatur diri sendiri. maksudnya disini yaitu kamu akan belajar untuk mengatur kegiatan untuk belajar sebagai siswa dengan tugas kamu menjadi seorang pengurus OSIS. Kalau kamu sudah terbiasa mengatur diri sendiri akan sangat bermanfaat bagi masa depan nantinya kalau sudah masuk dunia kerja.

Itulah beberapa alasan menjadi OSIS yang bisa kamu pertimbangkan agar mendapatkan manfaat dan pengalaman yang baik bagi masa depan. Kamu bisa memulai langkah masa depan dengan menjadi pengurus OSIS pada sekolah SMA unggulan di Jawa Barat yaitu SMA Dwiwarna (Boarding School). Sebagai sekolah unggulan, SMA Dwiwarna (Boarding School) memiliki berbagai kegiatan positif bagi semua siswanya, termasuk OSIS. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *