Adab Belajar bagi Siswa di Sekolah, Apa Saja?

Di sekolah murid tidak hanya akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan baru saja. Lebih dari itu, murid juga harus berinteraksi dengan teman maupun guru. Ilmu dan pengetahuan memang penting dimiliki tetapi sebagai siswa juga harus memiliki adab belajar di sekolah yang baik. Jangan sampai kamu menjadi siswa dengan banyak ilmu tetapi tidak memiliki adab. Lalu, apa saja adab belajar untuk siswa di sekolah itu? 

6 Adab Belajar di Sekolah Bagi Siswa

Inilah beberapa adab belajar di sekolah yang bisa kamu lakukan sebagai seorang siswa: 

1. Selalu Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar

Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, siswa harus selalu berdoa. Hal ini harus dilakukan setiap hari supaya siswa mendapatkan kemudahan dalam memahami semua materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru. 

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai dilakukan, jangan lupa juga untuk berdoa kembali. Selalu berdoa setelah kegiatan belajar selesai dilakukan diharapkan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan bisa bermanfaat. 

2. Menyimak Penjelasan Guru 

Dalam proses pembelajaran di kelas biasanya guru menjadi pihak yang paling dominan. Bagaimana tidak, guru diharuskan untuk menjelaskan materi pelajaran dengan detail supaya siswa memahaminya. Hal ini tidak mudah dilakukan karena tidak semua siswa bisa langsung paham. 

Sebagai siswa kamu harus menghargai guru yang sedang menjelaskan dengan cara menyimak semua penjelasan yang disampaikan. Jangan sekali-kali memotong penjelasan tersebut kecuali jika guru mengizinkannya. Jika guru tidak mengizinkan berarti tindakan ini merupakan tindakan yang tidak sopan. 

3. Menjaga Ketenangan dan Kebersihan Lingkungan

Ketika jam masuk kelas berbunyi kamu harus  segera masuk ke dalam kelas untuk bersiap diri mengikuti kegiatan belajar mengajar. Selama proses pembelajaran sedang berlangsung, semua siswa harus menjaga ketenangan. Jangan sibuk mengobrol dengan teman lainnya karena itu cukup mengganggu. Situasi kelas yang tenang akan membuat materi yang disampaikan guru menjadi mudah dipahami dan dimengerti.

Selain menjaga ketenangan, kamu juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan kelas maupun sekolah. Salah satu upaya untuk menjaga kebersihan adalah membersihkan kelas secara bergiliran, membuang sampah di tempat sampah, ikut kerja bakti dan sebagainya.

4. Hindari Menggunakan Barang Milik Orang Lain

Adab belajar di sekolah bagi siswa selanjutnya adalah tidak menggunakan barang milik orang lain. Jika ingin menggunakan barang milik orang lain maka harus izin terlebih dahulu. Hal ini terlihat sepele tetapi tidak boleh diabaikan. 

Apapun barang yang ingin dipinjam harus izin terlebih dahulu kepada pemiliknya. Jika begini maka kejadian barang hilang menjadi terminimalisir. Barang yang sering hilang di sekolah adalah alat-alat tulis seperti pensil, bolpoin, tipe-x dan sebagainya. 

5. Selalu Menghormati Guru

Guru di sekolah sama halnya dengan orang tua di rumah sehingga harus sama-sama dihormati. Guru merupakan figur yang sangat berjasa bagi semua siswa di Indonesia. Ini dikarenakan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan berasal dari figur tersebut. Oleh karena itu, guru harus selalu dihormati. 

Jangan sekali-kali menyakiti hatinya karena itu sangat berdosa. Salah satu contoh perilaku tidak menghormati guru adalah tidak berbicara dengan bahasa yang sopan, mengejek guru dan sebagainya.

6. Tidak Menyontek Saat Ujian  

Tidak bisa di pungkiri jika semua siswa ingin mendapatkan nilai yang bagus saat ujian. Akan tetapi, hal ini tidak mudah untuk didapatkan. Jika ingin mendapatkan nilai yang bagus maka harus belajar dengan rajin. Bagi sebagian siswa belajar merupakan kegiatan yang membosankan dan lebih memilih bermain smartphone. 

Saat ujian tiba dan ingin mendapatkan nilai bagus, ada siswa yang melakukan kecurangan dengan menyontek. Menyontek merupakan perilaku tercela sehingga harus dihindari. Nilai yang didapatkan dari hasil mencontek tidak membuat ilmu yang didapatkan menjadi barokah. 

Nah itulah beberapa adab belajar di sekolah bagi siswa. Adab dan ilmu itu merupakan dua hal yang sangat penting, sehingga kamu harus memiliki keduanya. Jangan sampai menjadi orang yang berilmu tetapi tidak beradab. 

Hal ini juga disadari penuh oleh SMA Dwiwarna (Boarding School), sehingga setiap siswa siswinya tidak hanya dibekali pendidikan akademik yang mumpuni, tetapi juga pendidikan agama serta adab. Inilah yang kemudian membuat lulusannya tidak sekedar pintar, tapi juga berakhlak bagus dan beradab. 

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *