7 Situs Belajar Bahasa Jepang Gratis dan Mudah Diakses

Negara Jepang merupakan negara di Asia Timur yang kaya akan budaya, destinasi wisata, perkembangan teknologi, dan sistem pendidikan yang menakjubkan. Bahkan, kampus di sana banyak yang berhasil mendapat peringkat kampus terbaik versi QS World University Ranking, lho! Bagaimana, kamu tertarik mengenal negeri satu ini dengan belajar Bahasa Jepang gratis?

Kalau begitu, kamu wajib membaca artikel ini sampai habis. Sebab, kami akan memberikan informasi mengenai situs belajar Bahasa Jepang gratis yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Yuk, simak artikelnya bersama!

7 Situs Belajar Bahasa Jepang Gratis

Kalau kamu perhatikan sejenak, mungkin kamu sadar bahwa Bahasa Jepang adalah bahasa yang sangat unik. Sebab, bahasa ini memiliki cara penulisan huruf yang berbeda dengan Bahasa Indonesia yang biasa digunakan setiap harinya. 

Untuk bisa menguasai Bahasa Jepang, ada tiga dasar huruf Bahasa Jepang yang perlu kamu pelajari. Yaitu, Hiragana, Katakana, dan Kanji. Selain huruf, kamu juga perlu mengenal cara berbicara dengan orang Jepang, kalimat sapaan seperti apa yang biasa digunakan, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan situs belajar Bahasa Jepang gratis ini, kamu akan belajar mengenal, membedakan, sekaligus menguasai materi tersebut. Berikut adalah situsnya:

1. Busuu.com

Busuu.com merupakan situs belajar bahasa gratis yang menawarkan lebih dari sepuluh bahasa asing untuk dipelajari, salah satunya Bahasa Jepang. Metode belajar yang diberikan pun sangat menyenangkan untuk diikuti dan tentunya sesuai dengan level pengetahuanmu tentang Bahasa Jepang.

Setelah kamu berhasil registrasi, Busuu.com akan membawamu masuk ke dalam chapter 1 yang merupakan bagian perkenalan. Kamu akan diajarkan dengan menggunakan video, lalu menjawab pertanyaan, dan mencocokan kalimat. Setelah dinyatakan lulus, kamu akan masuk ke chapter selanjutnya.

2. JStudy Magazine

Situs belajar Bahasa Jepang gratis selanjutnya adalah JStudy Magazine. Melalui situs ini, kamu bisa mempelajari tata bahasa, kosa kata, tiga huruf dasar, dan budaya Jepang melalui artikel mereka tanpa harus registrasi. 

Untuk menguji kemampuan bahasamu, JStudy Magazine juga menyediakan kuis yang terdiri dari delapan bagian. Satu tingkatan, terdiri dari 15 sampai 20 soal pilihan ganda. Hasilnya, kamu akan mengenal level kemampuan bahasamu mulai dari N5 (tingkatan pemula) sampai dengan N1 (tingkatan setara dengan kemampuan berbahasa masyarakat Jepang).

3. HH JapaNeeds

Sedikit berbeda dengan dua situs di atas, HH JapaNeeds merupakan kursus Bahasa Jepang online yang dapat membantumu belajar Bahasa Jepang dengan dua metode yang berbeda. Yaitu, menggunakan tutor dan tidak menggunakan tutor (belajar mandiri).

Sayangnya, untuk menggunakan tutor kamu harus membayar. Tapi, jangan khawatir! Materi e-learning yang diberikan pun tidak kalah lengkapnya. Kamu bisa mengakses video pembelajaran, men-download e-book, dan praktek tes kemampuan Bahasa Jepang (JLPT).

4. NHK World Japan

NHK World Japan merupakan situs berita yang menyajikan informasi terkini mengenai Negara Jepang. Selain itu, mereka juga menyediakan portal khusus bagi para netizen yang ingin belajar Bahasa Jepang.

Di mulai dari tingkatan dasar hingga menengah, kamu bisa mempelajari bahasa dari negeri sakura ini dengan menggunakan materi berbentuk artikel, video maupun audio. Mereka juga memberikan e-book gratis yang bisa kamu download dan baca kapan saja.

5. Japanese-lesson.com

Ingin belajar dan latihan bahasa Jepang langsung dari guru Jepang? Jika iya, situs ini cocok untuk kamu gunakan sebagai sarana belajarmu. Japanese-lesson.com merupakan situs yang memperkenalkan kamu dengan negara Jepang dari segi geografis, budaya, sampai bahasa. Dari situs ini, kamu akan mempelajari tiga huruf dasar, kosa kata, dan penyebutan nomor lewat  buku berbentuk PDF yang bisa di download. 

6. Tofugu

Diberi materi dan juga tips belajar adalah cara yang digunakan oleh situs Tofugu, supaya kamu bisa menguasai Bahasa Jepang dengan mudah. Selain itu, kamu juga akan diberi program dari hari pertama, kedua, hingga seterusnya pada saat pembelajaran di mulai. Nah, kalau kamu tidak terlalu senang belajar dengan membaca, Tofugu juga menyediakan fitur podcast sebagai sarana belajar yang tidak kalah asik.

7. Marugoto Online

Situs untuk belajar bahasa Jepang online selanjutnya adalah Marugoto Online. Pengelola situs ini adalah The Japan Foundation dengan tujuan untuk melaksanakan program pertukaran budaya secara komprehensif ke seluruh dunia.

Sedikit berbeda dengan penggunaan level kemampuan Bahasa Jepang pada umumnya, Marugoto Online menggunakan sistem  CEFR (Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment) yang merupakan penggambaran standar kecakapan bahasa.

Sehingga, kamu yang biasanya menggunakan level N5-N1, akan berubah menjadi A1-C2. Sistem ini juga bisa kamu temukan penerapannya dalam penggambaran kecakapan bahasa lainnya, contohnya Bahasa Inggris.

8. WaniKani

WaniKani adalah situs Jepang yang fokus pada pengajaran kanji dan kosakata Jepang melalui sistem SRS (Spaced Repetition System). Metode ini efektif untuk menghafal dan mengingat kanji serta kosakata dengan lebih baik. Situs ini cocok untuk pemula hingga tingkat menengah.

Bagaimana, sudahkah kamu menemukan situs belajar Bahasa Jepang gratis yang sesuai dengan cara belajarmu? Jika kamu merasa belajar melalui situs saja tidak cukup dan kamu membutuhkan sekolah SMA yang mendukung pembelajaran Bahasa Jepang, maka SMA Dwiwarna (Boarding School) bisa menjadi opsi terbaik.

SMA Dwiwarna (Boarding School) menggunakan kurikulum terkini dan berpadu dengan pendidikan keagamaan, yang mendukung peserta didik untuk meraih ilmu dan mengejar impiannya. Salah satunya, dengan membentuk ekstrakurikuler Bahasa Jepang dan juga program persiapan tes Bahasa Jepang (JLPT). 

Bagaimana, tertarik untuk menjadi bagian dari SMA Dwiwarna (Boarding School)? 

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp