Apa Itu Daftar Ulang SMA? Ini Fungsi Daftar Ulang di Sekolah

Daftar ulang merupakan istilah yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Istilah ini begitu populer karena setiap tahun ajaran baru banyak dibicarakan. Apa itu daftar ulang SMA? Pada dasarnya, ini adalah tahapan yang harus dilakukan setelah dinyatakan diterima di salah satu SMA. 

Setelah diterima di SMA tempat Kamu mendaftar, tahap selanjutnya harus melakukan daftar ulang. Biasanya pihak sekolah akan menjadwalkan waktu daftar ulang. Jika kamu tidak melakukan daftar ulang maka akan dianggap mengundurkan diri.

Agar lebih jelas, inilah informasi mengenai apa itu daftar ulang SMA dan fungsinya.

Apa Itu Daftar Ulang SMA?

Daftar ulang adalah urutan prosedur administrasi yang wajib dilakukan oleh setiap calon peserta didik (CPD) yang sudah mendaftar melalui salah satu jalur pendaftaran yang telah ditetapkan dan secara resmi telah dinyatakan lulus seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Daftar ulang ini tidak hanya dilakukan oleh siswa di jenjang SD, tetapi juga jenjang SMP dan SMA. Calon peserta didik yang sudah dinyatakan diterima harus melakukan daftar ulang sesuai tanggal yang sudah ditentukan. Jika lewat dari tanggal yang sudah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri. 

Fungsi Daftar Ulang di Sekolah

Fungsi Daftar Ulang di Sekolah

Setelah memahami apa itu daftar ulang SMA, perlu kamu pahami bahwa kegiatan ini juga memiliki fungsi yang penting. Fungsi dari daftar ulang adalah untuk memenuhi dan juga melengkapi dokumen calon peserta didik untuk keperluan akademik di SMA tujuan.

Selain itu, juga untuk menyertakan Data Pokok Peserta Didik (Dapodik) yang merupakan sistem pendataan peserta didik yang dikelola oleh Kemendikbud sebagai sumber data utama pendidikan nasional.

Biaya Daftar Ulang SMA

Saat melakukan daftar ulang, calon peserta didik yang diterima di salah SMA harus membayar sejumlah uang. Dimana biaya yang dibayarkan masing-masing sekolah bisa saja berbeda-beda, tergantung kebijakan sekolah itu sendiri. 

Untuk calon peserta didik yang diterima di SMA Dwiwarna (Boarding School), biaya daftar ulang yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

1. Uang Pangkal atau Gedung 

Biaya ini bisa dibayarkan dalam tiga tahap:

  • Tahap satu : Rp20.000.000 (dibayarkan pada saat daftar ulang)
  • Tahap dua : Rp20.000.000 (bulan Desember 2024)
  • Tahap tiga : Rp20.000.000 (bulan Maret 2025)

Uang pangkal atau gedung bisa langsung dibayar lunas dengan nominal Rp60.000.000.

2. SPP 

Kemudian ada biaya SPP bulan Juli 2024 sebesar Rp6.500.000 per bulan. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pendidikan, konsumsi, laundry, asrama, ekskul dan kegiatan sekolah lainnya

3. Seragam 

Besar biaya untuk seragam adalah sekitar Rp 4.500.000 sekali bayar untuk tiga tahun dan setiap naik kelas akan mendapatkan seragam baru (diukur badan) tanpa harus membayar lagi

SMA Dwiwarna (Boarding School) setiap tahunnya tidak ada daftar ulang kenaikan kelas. 

Cara Daftar Ulang SMA 

Adapun cara daftar ulang di SMA Dwiwarna (Boarding School) harus menyerahkan kelengkapan syarat-syarat administrasi setelah dinyatakan diterima. Syarat-syarat tersebut bisa dikirim melalui email ppdb@smadwiwarna.sch.id.

Berikut syarat-syaratnya:

  • Fotocopy Akta Kelahiran
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy KTP Orang Tua
  • Fotocopy Ijazah SD & SMP
  • Fotocopy Raport SMP/MTS kelas 7 sampai kelas 9
  • Fotocopy NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  • Fotocopy Pas Foto terakhir berwarna  dan berukuran 4×6 (memakai seragam sekolah asal).

Calon peserta didik yang sudah melakukan daftar ulang tetapi mengundurkan diri karena diterima di dua sekolah maka uang gedung yang sudah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali.

Itulah informasi tentang apa itu daftar ulang SMA beserta fungsinya di sekolah. Kamu yang ingin mendaftar di SMA Dwiwarna (Boarding School), diharapkan informasi tentang daftar ulang di atas bisa membantu kamu.

SMA Dwiwarna (Boarding School) merupakan salah satu boarding school terbaik di yang ada di Indonesia. Sebagai sekolah asrama, sekolah ini mematok biaya SPP cukup tinggi. Akan tetapi, biaya tersebut tentunya sudah sebanding dengan pelayanan, fasilitas, dan kualitas yang bisa siswa/siswi peroleh di SMA Dwiwarna (Boarding School).

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp